menu drop down


Rabu, 15 Agustus 2012

aku ♥ kosmetika Halal ku :)

Assalamu'alaikum ukhti, sista, kaka semuanya :) 

Aku mau bahas sesuatu yang berhubungan dengan Cantik, semua perempuan pada dasarnya sangat mengininkan tampil Cantik bukan? ya termasuk aku juga sih, hehe. Tapi sebenernya, apa sih arti kata Cantik itu sendiri? Cantik itu banyak artinya, tergantung kita lihat dari sudut pandang mana dan kepada siapa kita bertanya. Menurut pengetahuan yang aku dapat, Cantik menurut Islam adalah "Seseorang wanita muslimah yang selalu menjaga kemaluannya, berpakaian dan berhias serta bertatakrama sesuai aturan Islam dan tidak berlebihan, sebab yang berlebih-lebihan dalam hal apapun itu kurang baik. Aurat wanita adalah seluruh tubuhnya kecuali muka dan telapak tangan,serta menutup seluruh dadanya dengan kerudung".

Sebagaimana dijelaskan dalam ayat suci al-Qur'an surah an-Nur (24) ayat 31 yang artinya:

"Katakanlah kepada wanita yang beriman: "Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan memelihara kemaluannya, dan janganlah mereka menampakan perhiasannya, kecuali yang (biasa) nampak dari diripadanya. Dan hendaklah mereka menutup kain kudung ke dadanya, dan janganlah menampakan perhiasannya kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, putra-putra mereka, dan putra-putra suami mereka, atau saudara-saudara laki-laki mereka, atau putra-putra saudara laki-laki mereka, putra-putra saudara perempuan mereka, atau wanita-wanita islam, atau budak-budak yang mereka miliki, atau pelayan laki-laki yang tidak mempunyai keinginan (kepada wanita) atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat wanita. Dan janganlah mereka memukulkan kakinya agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan. Dan bertaubatlah kamu sekalian kepada Allah. Hai orang-orang yang beriman agar kamu beruntung."

Firman Allah pada surah al-Ahzab : 59

"Wahai nabi suruhlah Isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan perempuan-perempuan beriman, agar melabuhkan pakaiannya bagi menutup seluruh tubuhnya (semasa mereka keluar atau bertemu dengan yang bukan mahromnya) cara demikian lebih sesuai untuk mereka dikenal (sebagai perempuan baik-baik) maka dengan itu mereka tidak diganggu. Dan (ingatlah) Allah adalah maha pengampun lagi maha pengasih."

Nah, udah tau kan arti Cantik menurut Islam dan al-Qur'an? tapi perlu diingat, kita tidak bisa memaksakan seorang wanita muslim untuk menutup auratnya (berhijab) karena sebaik-baiknya perbuatan didasari dengan Lillahita'ala (karena Allah) bukan karena paksaan atau ikut-ikutan trend belaka. Keluar dari definisi kata Cantik, perlu ga sih wanita tampil Cantik?

"Sesungguhnya Allah itu indah dan mencintai yang Indah, murah hati dan menyukai kemurahan, menyukai akhlak yang luhur dan membenci akhlak yang rendah." (HR. Al-Baihaqi)

Nah, ketemu lagi kan jawabannya? Cantik itu perlu dear asal masih dalam korteks nya hal inii biasa disebut Syar'i. bagaimana seorang wanita bisa tampil Cantik? Banyak cara pastinya dear.. dan tidak terlepas dari 3 hal yaitu perilaku, cara berpakaian dan berhias.. berhias dalam hal ini lebih sering disebut Make Up.
Berhubungan sama make up, pasti erat hubungannya dengan Kosmetik dong.
Kita harus berhati-hati pilih Kosmetik yan dear, salah-salah malahan merusak jaringan kulit kita serem deh pokoknya. kenapa pemilihan Kosmetik harus selektif? sekarang ini banyan Kosmetik yang tidak aman digunakan dear, menggunakan bahan-bahan kimia berbahaya dan dengan kadar yang berlebihan, serem kan? tau akibatnya ga dear? nih aku kasih tau, zat-zat itu bisa menyebabkan kerusakan jaringan kulit bahkan kanker kulit dengan penggunaan Jangka panjang atau bahkan pendek sekalipun. Gimana, masih mau asal pilih produk Kosmetik?

Dalam Islam ada yang disebut dengan Halal dan Haram. tau dong pastinya? Yang Halal insya Allah baik, dan yang Haram sebaliknya. Selalu ingat kata-kata dosen aku namanya dr. Heri, beliau selalu bilang "Allah itu menciptakan segala sesuatunya, teorinya belakangan" dan ternyata aku setuju dengan pernyataan itu, ambil contoh saja, makanan yang di Haramkan dalam Islam biasanya tidak baik untuk tubuh manusia menurut ilmu kesehatan. WOW... sedemikian indah Allah merancang sebuah kehidupan dengan segala perintah-perintahnya yang sesungguhnya menguntungkan kita.
Begitu juga dengan Kosmetik dear, sekarang ada loh Kosmetika yang Halal, tapi sebelum kita jauh berbicara tentang Kosmetika Halal kita harus tau apa itu definisi dari kata "Halal".

"Halal berarti boleh / diizinkan". Istilah ini dikosa katakan merujuk kepada makanan atau minuman yang boleh  dikonsumsi menurut ajaran Islam. Sementara dalan konteks yang lebih luas "Halal berarti segala sesuatu yang boleh dilakukan menurut Islam (aktifitas, perilaku, cara berpakaian, dll)". Di Indonesia, sertifikasi Halal ditangani oleh Majelis Ulama Indonesia, secara spesifik Lembaga Pengkajian Pangan Obat-obatan dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia.

aku tau nih, pasti lagi mikir "Seandainya ada Kosmetik yang Halal, pasti aman"
hayoo pada kemana aja? sekarang ada Kosmetik yang Halal loh dear, perdah denger Wardah? itu Kosmetik Halal loh.. sudah dapat sertifikasi Halal dari MUI, hebat kan tuh?
"yang mana sih Wardah?" itu loh yang Iklan di TV nya mbak Ineke Koesherawati, liat dong mbak Ineke Cantik banget pake Wardah.. dan ga cuma mbak Ineke loh dear, siapa yang gak tau Dian Pelangi? designer baju muslim muda yang Cantiknya pake banget! Dia juga pake Wardah. dari mana aku tau dia pake Wardah? coba check Blog nya deh (http://dianrainbow.blogspot.com/).

isi tas Mbak Dian Pelangi
http://dianrainbow.blogspot.com/
ada bedak Wardahnya 
Tuh kan bener Mbak Dian aja pake bedak Wardah nya, hehe. (heboh deh gue).

Nah, aku juga pake Kosmetik Wardah loh. Aku pake foundation, bedak + blush on nya, awalnya aku ga terlalu kenal sama produk Wardah. Aku bisa pakai foundation nya karena waktu itu pernah ada Demo Kosmetik di komplek rumah aku, sasarannya sih Ibu-ibu cuma namanya juga perempuan kalo udah tentang Kosmetik jadi bawaannya pengen ikut nimbrung aja, heheu.

Kebetulan aku diminta tolong sama mbak-mbak salesnya jadi model peraga produknya, awalya sih ragu cuma kalo ga dicoba mana aku tau hasilnya kaya apa? bener ga? hehe.
Ternyata bener bagus loh dear, menutup flek dan warna kulit tidak merata dengan sempurna! pengaplikasian nya juga mudah ga ribet, warna nya juga natural di kulit.
kalau ditanya aku kenapa bisa kenal bedak Wardah, pertaama aku liat muka temen ku bagus pake bedak dan ternyata itu bedak nya Wardah, cocok banget deh pokonya sama foundationnya, hehe.
Merasa kurang afdol kalo cuma pake foundation sama bedaknya, aku akhirnya pake blush on Wardah juga loh.. warnanya natural dan bikin fresh ke wajah cocok lah untuk Remaja. Seperti slogan nya Wardah, "Halal itu Wajib" aku setuju banget karna sejauh ini sama sekali ga ada keluhan pake produk-produknya Wardah.






2 komentar:

  1. halo..ikutan juga ya? aku juga :) :)
    moga masuk daftar pemenang yaaa! aku jugaa :)
    tapi aku gk tahu apa hari ini masih bisa di trima, aku baru mau daftar :)

    salam kenal.
    Susan Lolo Bua

    BalasHapus
  2. halo juga dear, iya nih ikutan juga :D
    semoga sama-sama masuk daftar pemenang yah dear..

    salam kenal juga.
    Elsa Delyana

    BalasHapus